Berita

Misinya Perbaiki Nasib Petani dan Nelayan, Danny Blusukan ke TPI Lappa dan Pasar Sentral Sinjai

Tim Redaksi
12
×

Misinya Perbaiki Nasib Petani dan Nelayan, Danny Blusukan ke TPI Lappa dan Pasar Sentral Sinjai

Share this article

Sinjai, KarebaDIA —Calon Gubernur Sulawesi Selatan nomor urut 1, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memulai agenda kampanyenya di Kabupaten Sinjai dengan mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa, Jumat (14/10/2024).

Dalam agenda blusukan tersebut Danny berinteraksi langsung dengan para nelayan dan pemilik kapal untuk mendengarkan keluhan serta memahami persoalan yang mereka hadapi dalam industri perikanan.

Kunjungan ini bertujuan untuk mencari solusi nyata guna meningkatkan kesejahteraan nelayan dan mendorong harga ikan yang kompetitif.

Apalagi pasangan DIA, Danny- Azhar memiliki visi-misi membawa perubahan nasib bagi nelayan dan petani.

TPI Lappa ini aset Pemprov Sulsel.  Saya melihat di sini ikannya berskala restoran karena memang ukurannya agak besar. Seperti yang saya dengar, resto Makassar ambil ikan di sini,” ungkap Wali Kota Makassar dua periode itu.

“Saya menyaksikan sendiri (hasil nelayan) dari kapal dan turun ke pedagang. Sistem transaksinya juga saya tanyakan, siapa yang beli. Karena ini menyangkut program kami. Jika terpilih Pemprov tentunya akan membeli hasil laut jika tidak terserap di pasaran,” ucap Danny.

Salah satu masalah yang disoroti Danny adalah kondisi pasar yang dikeluhkan pedagang dan pembeli yaitu sirkulasi udara yang tidak terlalu bagus.

Padahal menurut Danny kenyamanan aktivitas di dalam pasar adalah hal yang perlu diperhatikan.

Ia mencontohkan banyaknya TPI percontohan di luaran sana. “Saya pernah lihat di Jepang. Di sana ikan-ikan langsung dipacking sesuai peruntukannya,” ungkap Danny.

Selain itu, Danny juga melihat kurangnya es pada kapal pembawa ikan di TPI Lappa.

“Esnya tadi itu agak kurang dan kita mengetahui es itu menentukan kualitas bakteri pada ikan. Kalau esnya sedikit bakteri pada ikan akan banyak dan tentu cepat membusuk,” jelas Danny.

Selain sirkulasi udara, infrastruktur TPI Lappa juga jadi sorotan Danny. Ia melihat geliat ekonomi di TPI Lappa sangat tinggi namun perlu di dukung dengan infrastruktur yang mumpuni.

“Tadi saya serap keluhan nelayan. Infrastruktur jadi hal yang disoroti,” bebernya.

“Banyak ibu-ibu menjual disini artinya suaminya itu punya pekerjaan lain. Jadi kita bisa menilai perputaran ekonomi sangat besar disini apalagi infrastruktur diperbaiki,” sebut Danny yang mengusung tagline Save Sulsel itu.

Setelah ke TPI Lappa, Danny bergeser mengunjungi Pasar Sentral Sinjai yang lokasinya tidak terlalu berjauhan dengan TPI Lappa. Di sana ia disambut meriah sembari berinteraksi dengan para pedagang. (*)

Diperkenankan mengutip sebagian atau keseluruhan informasi dari portal KarebaDIA sepanjang untuk kepentingan publikasi dan sosialisasi agenda politik Danny Pomanto - Azhar Arsyad (DiA).