Berita

Di Lutra, Cawagub Sulsel Azhar Arsyad Kunjungi Pasar Masamba Hingga Ziarah ke Makam Datu’ Sulaiman

Tim Redaksi
8
×

Di Lutra, Cawagub Sulsel Azhar Arsyad Kunjungi Pasar Masamba Hingga Ziarah ke Makam Datu’ Sulaiman

Share this article
Azhar di Lutra Kunjungi Pasar Masamba, Senin (15/10/2024).
Azhar di Lutra Kunjungi Pasar Masamba, Senin (15/10/2024).

Luwu Utara, KarebaDIA – Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kunjungan di Luwu Utara di beberapa lokasi di Kecamatan Malangke, Senin (21/10/2024).

Tempat pertama, ia berkunjung di Pondok Pesantren As’adiyah Belawa Baru, Malangke, Luwu Utara.

Kunjungan itu sebagai bentuk silahturahmi Azhar sebagai alumni pesantren. Kedatangan Azhar disambut Wakil Pimpinan Pesantren bersama ratusan santri dan guru di pesantren tersebut.

Azhar di Lutra Kunjungi Pasar Masamba Hingga Ziarah ke Makam Datu' Sulaiman

“Saya di sini datang silaturahmi, karena ketika saya temukan pondok pesantren di setiap daerah pasti saya singgah untuk silaturahmi,” ucap Azhar kepada ratusan santri.

Sebagai alumni santri, Azhar bercerita kalau ia pernah merasakan duduk di bangku untuk belajar seperti yang dilakukan santri di pesantren itu.

“Saya pernah seperti kalian, duduk di bangku ini. Saya percaya bahwa sesuatu yang kita lakukan dengan niat baik, insya Allah jalan kita terbuka,” lanjut Azhar.

Ia kemudian memberikan nasehat kepada para santri bahwa cita-cita yang diimpikan dan dilakukan dengan tekun, pasti akan tercapai.

“Anak-anakku sekarang di bangku Aliyah sudah mesti tentukan cita-citanya. Dengan ketekunan secara terus-menerus, apa yang kita mau capai pasti terwujud. Dan Anda anak-anakku semua harus meyakini itu,” ujar Azhar yang disambut riuh tepuk tangan dari santri.

Kata Azhar, banyak pemimpin hebat di bangsa ini lahir dari pondok pesantren yang mengeyam pendidikan sebagai santri. Dengan keyakinan pertolongan Allah dan kerja keras, lanjut Azhar, mereka bisa menjadi pemimpin.

“Banyak pemimpin yang dulunya santri, karena meyakini dengan pertolongan Allah dan kerja keras,” imbuhnya.

Kemudian ia bertanya kepada santri “Yakin untuk menjadi pemimpin di masa depan?”, dengan serentak para santri menjawab “Yakin!”.

Cawagub Sulsel Azhar Arsyad berziarah ke makam Datuk Pattimang di Malangke, Senin (21/10/2024).
Cawagub Sulsel Azhar Arsyad berziarah ke makam Datuk Pattimang di Malangke, Senin (21/10/2024).

Setelah itu, Azhar kemudian beranjak menuju ke makam Datu’ Sulaiman atau dikenal dengan Datu’ Pattimang untuk berziarah. Mendiang merupakan orang yang menyebarkan ajaran Islam di tanah Luwu.

Tidak jauh dari lokasi makam Datu’ Pattimang, Azhar melanjutkan ziarah ke makam Andi Pattiware yang merupakan Datu’ Kerajaan Luwu ke-XV. Ia juga merupakan Datu’ Luwu yang pertamakali memeluk agama Islam.

Cawagub Sulsel Azhar Arsyad Kunjungi Pasar Masamba Hingga Ziarah ke Makam Datu' Sulaiman 2

Azhar menjelaskan banyak makna di balik ziarah ke makam-makam, apa lagi ke makam orang yang mempunyai dampak besar di masyarakat.

“Ini inspirasi bagi kita bahwa jangan pernah melupakan perjuangan para pendahulu kita dan itu bisa mengilhami dan internalisasi dalam diri kita. Kemudian jaga tradisi-tradisi sebagai pengingat. Kalau kita juga akan mati,” terang mantan Anggota DPRD Sulsel, Azhar Arsyad.

Sebelum ke pondok pesantren dan ziarah, pagi tadi Azhar juga mengunjungi pasar sentral Masamba untuk melihat aktivitas masyarakat di pasar.

Azhar di Lutra Kunjungi Pasar Masamba, Senin (15/10/2024).
Cawagub Sulsel Azhar Arsyad Kunjungi Pasar Masamba, Senin (15/10/2024).

Seperti biasanya Azhar menyerap aspirasi pedagang pasar dan menyampaikan visi-misinya jika terpilih pada Pilgub Sulsel, 27 November 2024 mendatang. (*)

Diperkenankan mengutip sebagian atau keseluruhan informasi dari portal KarebaDIA sepanjang untuk kepentingan publikasi dan sosialisasi agenda politik Danny Pomanto - Azhar Arsyad (DiA).